Read

Pertikawan 2019 Sub Camp Cirata

2020-02-20 | 845 Views.
thumb_1582217077_gambar-4.jpg

Cirata, 22-23 November 2019, Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) tingkat Nasional 2019 Sub Camp Cirata, diselenggarakan oleh KWARTIR Nasional Gerakan Pramuka dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang berlokasi di PT. Pembangkitan Jawa-Bali Badan Pengelola Waduk Cirata (PT. PJB BPWC).

Perkemahan yang mengusung tema 'Lestarikan Bumi Sejahterakan Masyarakat' ini diikuti oleh 191 peserta Pramuka utusan Kwartir daerah-daerah di Indonesia. Tujuan kegiatan PERTIKAWAN tersebut sebagai sarana pemahaman pengelolaan lingkungan hidup, ecopreneurship, menjadikan Pramuka sebagai agen perubahan dan penyebar gerakan eco-lifestyle dan sebagai kader penggerak pencapaian SDGs.

Pada hari pertama, didahului upacara serah terima peserta dari Main Camp Cibubur ke Sub Camp Waduk Cirata, MR Karliansyah, Dirjen PPKL menyampaikan sambutan kepada para peserta dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik di PERTIKAWAN 2019 untuk banyak belajar dari alam dan memberi contoh untuk selalu menjaga lingkungan. Juga kepala BPWC Wawan Darmawan menyampaikan tentang peran BPWC dalam pelestarian Waduk Cirata, sebagai waduk terbesar di Asia Tenggara, dan banyak sekali hal-hal dapat dipelajari peserta selama berada di BPWC.

Di kawasan PT. PJB BPWC dan Unit Pembangkitan Cirata, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, para peserta PERTIKAWAN diajak mengunjungi Agroforestry, Dam Control Center, PLTS Cirata 1 MW, dan Power House yang berada di bawah tanah yang memiliki kapasitas 8x126 Megawatt (MW) sehingga total kapasitas terpasang sebesar 1.008 Megawatt (MW).

Pada hari kedua, kegiatan diisi dengan Giat Bakti yaitu penanaman 1000 bibit kopi di Eco Tourism Cirata yang berada di sekitar Dam Right Bank Waduk Cirata serta dilanjutkan dengan Giat Edukasi dan lesson learn perakitan teknologi sollar cell, kemudian teknologi bioflok yaitu teknologi budidaya ikan dengan memanfaatkan kotoran ikan sebagai salah satu program alih usaha Kerambah Jaring Apung (KJA), serta kerajinan eceng gondok selaku mitra binaan CSR PT. PJB BPWC.

Dengan terselenggaranya PERTIKAWAN 2019 Sub Camp Cirata ini, peserta diharapkan menjadi generasi yang berperan aktif dalam melestarikan bumi, yang berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat.


Drop us a message

You're in the right place! Just drop us a message. How can we help?

Or see contact page
Validation error occured. Please enter the fields and submit it again.
Thank You ! Your email has been delivered.